Selasa, 30 Mei 2023

AGAR TERHINDAR DARI SIKSA KUBUR


4 Perkara yang harus dilakukan secara Rutin agar terhindar dari siksa kubur

A. Sholat lima waktu ;

1. Sholat yang pertama di khisab


إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلَحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسَرَ

 

  INNA AWWALU MAA YUHAASABU BIHIL ABDU YAUMAL QIYAMATI MIN ‘AMALIHI SHOLATUH…

Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Apabila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi.


                2. Diantara waktu sholat adalah penghapus dosa

-     Assholawatul khoms, waljum'ati ilal jumati, waromadhona-ila romadhona mukaffirotun ma bainahunna . idzaj'tanabal khobair.

“Shalat lima waktu dan shalat Jum’at ke Jum’at berikutnya, dan Ramadhan ke Ramadhan berikutnya adalah penghapus untuk dosa antara keduanya apabila dia menjauhi dosa besar.”



B. Sedeqah


3. Orang Mati ingin bersedah 

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ

  Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?" (QS Al Munafiqun : 10)

 

-     Ibu Qoyyim Aljauziah (3 Manfaat Sedekah).


4.   فَاتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ

      Maka peliharalah (diri) kalian dari api neraka, 

      sekalipun dengan sebiji buah kurma (yang disedekahkan). Al hadist.....


C. Membaca Alquran


5. MAN QORAA TABAROKALLADZI BIYADIHIL MULKU,HIYAL MANI’ATU         WA HIYAL MUNJIYATU TUNJIHI MIN ‘AZABIL QOBRI 

    (Itu adalah surah penangkal, dan juga penyelamat, yang                                      menyelamatkan pembacanya dari siksa kubur). 

    (Hadis dari Abu Hurairah :     HR At Tirmidzi)


6. -     مِنَ القُرْآنِ سُورَةٌ ثَلاثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ، وَهِي: تبارك

-      الذي بيده الملك

    MINAL QURANI SUUROTUN-TZALASUNA AYATAAN SYAFAAT LI ROJULIN     HATTA GUFIROLAHU, WAHIYA TABAROKALLADZII BIYADIHIL MULKU…         HR. Ibnu Majah dan Abu Daud; HR Ahmad, Al hakim, & Ibnu Hibban)


D. Banyak Bertasbih dan doa

Tasbih

o   Sedikitnya Subhanallah

o   Sempurnanya : Subhanallah, walhamdulillahi, wala ilaaha illallahu, wallahu akbar, wala haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adzim.

(Maha Suci Allah, segala puji hanya bagi Allah, tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, Allah Maha Besar, tidak ada daya dan kekuatan melakukan ketaatan dan tiada daya kekuatan untuk meninggalkan maksiat, melainkan dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung)

7. Doa sebelum salam, saat setelah tahiyat akhir

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: إِذَا تَشَهَّدَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنْ أَرْبَعٍ، يَقُولُ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

 (رواه مسلم)

an abi Hurairata RA qola, Qola rosulullahi SAW.

Idza Tasyahhada - ahadukum falyastaidz billahi min arba’in…

ari Abu Hurairah radhiallahu anhu mengatakan, Rasulullahi bersabda, :Apabila diantara kalian telah tasyahud akhir, maka berlindunglah kepada Allah dari empat hal, beliau mengucapkan ALLAHUMMA INNI AUDZUBIKA MIN ADZABI JAHANNAM, WA MIN ADZABILQOBRI, WA MIN FITNATILMAHYA WALMAMATI, WA MIN SYARRI FITNATIL MASIHIDDAJJAL.

Artinya: Ya Allah aku berlindung kepadamu dari siksa Jahannam, siksa kubur, dari fitnahnya kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnahnya Al Masih Ad-Dajjal.(HR. Muslim, N0. 588)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat buat orang lain.

Sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat buat orang lain.