Jumat, 14 Januari 2011

Siapkah Anda Menjadi Pembicara?

Berikut ini adalah mini quiz untuk menentukan apakah diri Anda sudah cukup siap untuk menjadi pembicara (self assessment). Nilailah diri Anda sendiri. Jujurlah pada diri sendiri. Berilah nilai untuk diri Anda sendiri dengan skor antara 1 sampai 10.

PERCAYA DIRI

1 - 2 - 3 = Saya memang brengsek. Pecundang. Ngehek.
4 - 5 - 6 - 7 = Saya KURANG NYAMAN, tapi berhasil mengatasinya.
8 - 9 - 10 = Saya menyukainya.

OTENTIK

1 - 2 - 3 = Anda bercanda? Mereka tidak boleh melihat asli Saya!
4 - 5 - 6 - 7 = KADANG-KADANG asli Saya keluar juga.
8 - 9 - 10 = Emangnya harus jadi siapa?

PERSUASIF

1 - 2 - 3 = Saya tidak pernah bisa meyakinkan orang lain.
4 - 5 - 6 - 7 = KADANG meyakinkan KADANG tidak.
8 - 9 - 10 = Jika Saya bicara, orang lain mendengar.

ORGANISASI

1 - 2 - 3 = Saya kacau balau. Pikiran Saya simpang-siur.
4 - 5 - 6 - 7 = Saya cukup terstruktur, tapi KADANG ngelantur.
8 - 9 - 10 = Saya tahu ada di mana, dan Saya tahu mau ke mana.

KUSTOMISASI

1 - 2 - 3 = Saya cuma pembicara "kalengan".
4 - 5 - 6 - 7 = Saya bisa menyesuaikannya, tapi kayaknya SAMA SAJA.
8 - 9 - 10 = Saya senang membuat setiap pembicaraan menjadi unik.

INTEGRASI ALAT BANTU

1 - 2 - 3 = Saya benar-benar tidak terampil dengan alat peraga.
4 - 5 - 6 - 7 = Saya mau saja menggunakannya, tapi MALAS ah!
8 - 9 - 10 = No problem.

MENJAWAB PERTANYAAN

1 - 2 - 3 = Saya merasa jadi target dan bulan-bulanan.
4 - 5 - 6 - 7 = Saya SERING berputar-putar, tapi tetap Saya jawab.
8 - 9 - 10 = Mau nanya apa?

Berkaitan dengan trait ini, banyak pembicara yang berorientasi pada konsep "Almugada". Apa lu mau gua ada!

ANALISIS:

Jika jawaban Anda 1 - 2 - 3 :
Belajarlah dengan keras dari awal lagi.

Jika jawaban Anda 4 - 5 - 6 - 7 :
Perbaiki semua kata yang dicetak dengan huruf besar. Jadikan bernilai positif.

Jika jawaban Anda 8 - 9 - 10 :
Selamat. Audience menunggu Anda. Anda siap tinggal landas!

Well?
Ikhwan Sopa.

QA-Communication

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat buat orang lain.

Sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat buat orang lain.